Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Kita | Info Kesehatan

Pojok Islam - Info kesehatan kaki ini akan membahas tentang daun salam. Daun Salam atau syzygium polyanthum merupakan salah satu pohon    rempah/bumbu yang biasa digunakan untuk olahan masakan oleh ibu-ibu di dapur.
Daun salam ini memiliki sifat mengharumkan masakan sehingga daun salam banyak digunakan oleh orang-orang sebagai tambahan bumbu dalam masakan. Pohon daun salam memiliki tinggi kurang lebih mencapai 30 m untuk ukuran sedang dan gemang 60 cm.
Kemudian kulit batangnya memiliki warna coklat abu-abu dan bersisik. Daun salam sangat populer dan banyak digunakan di negara-negara kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. 

Di samping membuat masakan menjadi harum dan lezat, daun salam juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Kandungan gizi dalam daun salam meliputi kalori, mineral, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B-6, dan vitamin C.
Dengan kandungan gizi tersebut, mengkonsumsi daun salam sangat bermanfaat untuk memenuhi gizi yang diperlukan tubuh, sehingga kesehatan tubuhpun  terjaga.
Kemudiaan daun salam juga berfungsi sebagai obat untuk mengobati beberapa penyakit yang akan dibahas di bawah ini. Dalam artikel kali ini kami akan memaparkan tentang manfaat daun salam bagi kesehatan.

manfaat daun salamuntuk kesehatan

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan :

1. Mengobati Maag.
 Manfaat daun salam bagi kesehatan yang pertama adalah daun salam dapat mengobati penyakit   maag.
Terapi pengobatan menggunakan daun salam yaitu dengan cara sediakan 15-20 lembar daun salam yang sudah dicuci dengan bersih, lalu direbus dengan setengah gelas air hingga mendidih, tambahkan gula merah secukupnya. Setelah itu diminum setiap hari secara teratur sampai rasa perih dilambung hilang.

2. Mengobati Diare
Manfaat daun salam bagi kesehatan yang kedua adalah daun salam dapat mengobati penyakit diare. Terapi pengobatan menggunakan daun salam yaitu dengan cara sediakan 15 lembar daun salam direbus dan diminum airnya.

3. Mengobati Kudis Atau Gatal-Gatal
Manfaat daun salam bagi kesehatan yang ketiga adalah daun salam dapat mengobati penyakit kudis atau gatal-gatal.
Terapi pengobatan menggunakan daun salam yaitu dengan cara sediakan daun/kulit batang/akar yang sudah dicuci dengan bersih kemudian digiling sampai halus seperti bubur, lalu oleskan pada bagian yang sakit.

4. Mengobati Mabuk Karena Alkohol
Manfaat daun salam bagi kesehatan yang keempat adalah daun salam dapat mengobati mabuk karena alkohol.
Terapi pengobatan menggunakan daun salam yaitu dengan cara sediakan buah salam satu genggam yang sudah masak dan dicuci dengan bersih, kemudian ditumbuk hingga halus, diperas dan disaring airnya untuk diminum.

Itulah beberapa manfaat info kesehatan tentang manfaat daun salam   yang mungkin selama ini kurang kita ketahui atau pemanfaatannya kita tahu hanya sebatas bumbu pelengksp di dapur saja. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. (Sumber :